Hikmah Berwudlu Sebelum Tidur

Sajadah.net - Dalam suatu kitab yang ditulis oleh Syeikh Muhammad bin Umar An Nawawi Al Mantany, dalam bukunya Tanqih al Qand al Hatsis menyebutkan bahwa, seseorang yang berwudlu sebelum tidur akan mendapat manfaat. Yakni ketika ia meninggal, maka akan dianggap mati syahid.


Dari Umar bin Harits bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : " Barang siapa tidur dalam keadaan berwudlu, maka apabila mati disaat tidur, maka matinya dalam keadaan syahid disisi Allah."

Intinya adalah seseorang yang tidur dalam keadaan suci, berwudlu, maka ia akan memperoleh posisi tinggi di sisi Allah SWT. Subhanallah.

Disunahkan oleh Rosulullah SAW :

Pernah sahabat Nabi Muhammad SAW, yakni al Bara' bin Azib RA, menyampaikan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda kepada dirinya. "Apabila engkau hendak menghampiri pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudlu terlebih dahulu sebagaimana wudlumu saat akan melakukan shalat." (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim).

Jadi sahabat sajadah.net masih ragu untuk berwudlu terlebih dahulu sebelum tidur ? yuk, mari sama-sama istiqomah dalam menjalankan aktivitas yang sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW, supaya di hari kiamat nanti, kita semua umat muslim mendapatkan syafaat dari Rosulullah SAW. Amin

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.