Ketika Shalat Selalu Membayang-Bayangkan Sesuatu? Ternyata Ini Gangguannya




Sajadah.net, Cerita Islami - Sholat adalah amalan kita yang pertama kali akan dihisab kelak. Dimana kualitas ibadah akan Menjadi kunci. jika shalatnya baik, maka baiklah amal yang lain juga sebaliknya.
Sebagai seorang muslim, apakah ketika tengah melakukan sholat pernah mengalami yang namanya membayangkan hal-hal kejadian sebelumnya, membayangkan kegiatan-kegiatan yang akan kita jalani waktu berikutnya sehingga lupa rakaat berapa, ragu masih memiliki wudlu apa tidak. shalat kita menjadi tidak fokus dan tidak khusyuk.

Pasti pernah...

Nah ternyata penyebab dari itu semua adalah gangguan jin yang bernama "Khanzab". yaitu dia adalah jin spesialis untuk mengganggu manusia ketika sedang melakukan ibadah shalat, dimana dia akan mengganggu untuk mengaburkan fokus sehingga akan membuat ketidak-khusyukkan dalam beribadah.

Wajar saja, karena shalat adalah ibadah paling menentukan posisi seorang hamba diakhirat kelak, setan akan selalu mengganggu dan menjerumuskan manusia tersebut agar menjadi golongannya kelak.

Suatu hari Utsman pernah bertanya kepada Rasulullah: "Wahai Rasulullah, setan telah mengganggu shalat dan bacaanku." 

Kemudian Rasulullah bersabda: "itulah setan yang disebut 'Khanzab', jika engkau merasakan kehadirannya maka bacalah ta'awudz kepada Allah dan meludah kecillah ke arah kiri tiga kali." (H.R. Ahmad)
Utsman pun melaksanakan wejangan Nabi tersebut dan Allah mengusir gangguan Khanzab tersebut.

Khanzab akan menempuh segala cara agar ibadah shalat seseorang hamba kosong dari nilai atau minimal rendah kualitas ibadahnya.
Khanzab akan mendatangi seseorang yang sedang tengah mengerjakan shalat untuk membayang-bayangi dan mengingatkan masalah duniawi diluar shalat. Sehingga orang tersebut melakukan shalat tetapi masih teringat kejadian sebelumnya, kejadian kedepannya, mengingat pekerjaannya, menghitung laba-rugi perniagaannya, bahkan membayang-bayangkan kebaikkannya.
Bahkan ada yang sebelum shalat seseorang menjadi teringat kembali barang yang sebelumnya lupa dan dicari-carinya. Ini merupakan ganggungan dari setan khanzab. Setan rela 'membantu' orang tersebut demi merusah kualitas ibadahnya.

Gangguan khanzab yang sering terjadi kepada kita adalah, ketika kita tengah melakukan shalat, kita asyik dengan khayalan dan pikirannya tentang urusan diluar shalat, sehingga kita lupa jumlah rakaat yang telah kita kerjakan. 

Mengenai godaan ini, Rasulullah bersabda:
"Seperti dalam hadits. Khanzab ketika adzan berkumandang akan lari terbirit-birit sembari mengeluarkan bunyi kentutnya sehingga tidak mendengar suara adzan. Dan ketika adzan telah selesai. dia akan kembali menggoda. Ketika iqamah dikumandangkan setanpun akan lari  hingga usai iqamah  setan akan mendatangai lagi orang yang shalat lalu membisikkan ke hati seseorang sembari berkata:"ingat itu.. ingat itu.." setan mengingatkan apa-apa yang telah orang tersebut lupakan sehingga melupakan jumlah rakaat yang telah ia kerjakan" (HR al-Bukhari)

Astaghfirullahaladzim.. untuk para sahabat sajadah.net marilah kita memohon ampun kepada Allah dan terus memperbaiki kualitas shalat kita. Hendaklah ketika kita akan mengerjakan shalat untuk menanamkan dalam hatinya bahwa  dia tengah menghadap kepada Allah yang maha kuasa dan maha Agung.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.